Cara Menyimpan Cabai Agar Tidak Mudah Busuk


Cabai tergolong mudah busuk, bula dibandingkan dengan bumbu dapur lain. Masalahnya lagi, harga cabai fluktuatif. Cabai yang membusuk di kala harganya sedang mahal, otomatis membuat suasana hati buruk. Ada cara untuk menyimpan cabai agar bisa awet sampai tiga bulan, seperti berikut:

1. Jangan cuci cabai kalau mau menyimpannya

Pisahkan cabai segar dari cabai-cabai yang sudah busuk. Selain itu, agar tahan lebih lama saat disimpan, sebaiknya cabai tidak dicuci terlebih dahulu. Jangan dicuci karena kadar air akan mempercepat kelembaban yang menyebabkan mudah membusuk, masukan ke dalam plastic container dengan dilapisi kertas dan tutup rapat.

2. Simpan cabai di dalam kulkas

Cabai kalau disimpan di kulkas bisa lima sampai enam hari, jika disimpan di suhu ruangan, cabai hanya bertahan sekitar dua hari. Namun, bisa jadi kurang dari dua hari jika kelembaban udara di ruangan tersebut tergolong tinggi.

3. Bungkus cabai dan taruh bawang putih

Cara menyimpan cabai di kulkas adalah dengan menggunakan wadah kedap udara. Sebelumnya, jangan cuci cabai dan jangan petik tangkainya.
Lapisi dalam wadah dengan tisu kering, taruh satu butir bawang putih segar, kemudian taruh cabai. Cara ini dapat membuat cabai awet sampai tiga bulan. Tisu disarankan untuk rajin diganti.

4. Jangan dekatkan cabai dengan produk lain dalam kulkas

Saat menyimpan cabai dalam kulkas, jangan asal meletakannya di sebelah produk lain. Stefu menyarankan untuk tidak menyimpan cabai berdekatan dengan dairy product, seperti susu, telur, dan keju. Sebab produk tersebut akan menyerap aroma cabai sehingga aroma cabai akan menempel dengan kuat.

Simpanlah cabai tidak berdekatan dengan sayuran segar yang lain. Apabila cabai itu rusak dan berdekatan dengan sayuran yang lain, maka bisa merusak atau memengaruhi aroma sayuran yang yang lain.

5. Cara petik cabai, kalau punya tanaman sendiri di rumah

Jika kamu memiliki tanaman cabai sendiri usahakan memetiknya pada pagi hari. Sebab pagi hari merupakan waktu terbaik untuk memetik. Bobot buah masih optimal saat pagi hari. Tujuannya agar buah yang dipetik tidak terkontaminasi oleh organisme pembusuk.

Cara memetik yang baik adalah dengan dipelintir tangkai buah cabai. Lakukan hal itu secara hati-hati agar ranting atau cabang tidak patah. Cabai yang dipetik dengan tangkai akan lebih tahan lama disimpan daripada yang dipanen tanpa menyertakan tangkainya.
ONO

Support us by sharing this website on your social media for faster and more quality updates

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama